Sabtu, 14 Maret 2009

super brain - learning

DAFTAR ISI

Kata Pengantar I

Daftar isi II

BAB I 1 Pendahuluan 1

Rumusan Masalah 2

Tujuan Penulisan 2

BAB II 3

Pembahasan 3

a. Bagian Dasar Otak Manusia 3

b. Cara Cepat Meningkatkan Hasil Belajar 6

BAB III 9

Penutup 9

Kesimpulan 9

Saran dan Masukan 9

Daftar Pustaka 10

BAB I

PENDAHULUAN

A. Pembukaan

Kita semua dilahirkan dengan rasa ingin tahu yang tak pernah terpuaskan, dan kita semua mempunyai alat-alat yang kita perlukan untuk memuaskanya. Kalau kita memperhatikan seorang bayi yang meneliti dengan seksama sebuah mainan baru, ia memasukkannya kedalam mulut untuk mengetahui rasanya ia memasukkanya di telinga, membongkar bagian-bagiannya dan menyeledikinya satu demi satu. Proses ini disebut belajar secara menyeluruh merupakan cara efektif dan alamia bagi seorang manusia untuk mempelajari bahwa otak seorang anak hingga usia 6-7 tahun adalah seperti sepon, menyerap berbagai fakta, sifat-sifat fisik dan kerumitan bahasa yang kacau dengan cara yang menyenangkan dan bebas setres. Dan pada usia itu pula anda menjalani apa yang oleh para pakar pendidikan dianggap sebagai tugas belajar tersulit yang dapat dilakukan oleh manusia. Anda belajar membaca, anda melakukan semua ini berkat kekuatan luar biasa otak anda. Lalu pada suatu hari guru anda dan teman-teman anda menertawakan jawaban anda dan menyalahkannya sehingga membuat keyakinan anda terguncang dan benih-benih keraguan mulai tertanam dalam jiwa anda. Bagi banyak orang inilah awal terbentuknya citra negatif diri sejak saat itu, belajar menjadi tugas berat, keraguan tumbuh dalam diri anda dan yang demikian merupakan umpan balik negatif yang sangat berbahaya.

Setelah beberapa tahun bersekolah “kemandekan belajar” yang sesungguhnya benar-benar terjadi dan anak-anak menghalangi atau menuntupi pengalaman belajar mereka secara tidak sadar. Pada saat yang bersamaan sekolah tradisional beralih dari pendekatan global learning yang menyenangkan dan holistik menjadi pendekatan kaku, linier dan pasif. Kini guru mengharapkan siswa untuk duduk diam selama satu jam atau lebih dalam deretan bangku-bangku yang berjejer menghadap kedepan. Guru berdiri dan mengajarkan subjek tertentu, hilanglah permainan dan kegiatan kelompok, aktivitas seni yang menarik, dan semua aspek-aspek “bebas” sekolah kanak-kanak. Dengan berjalannya semua ini proses pendidikan berubah dari global learning masa kanak-kanak menjadi suatu sistem yang hanya menitik beratkan otak kiri. “ketidak seimbangan” ini membuat banyak siswa merasa tidak mempunyai inspirasi dan tidak berharga.

Menilik dari kenyataan diatas, sengaja makalah ini disusun untuk mengajak kita mempelajari tentang otak dan melihat bagaimana pemanfaatan kembali seluruh bagian otak dapat mengembalikan siswa pada cara belajar dengan kenyamanan dan kegairahan. Selain itu didalam makalah ini akan memberikan uraian singkat tentang mode strategi pembelajaran super brain atau bisa disebut dengan cara utama untuk dapat belajar seperti seorang jenius dengan tujuan untuk mengatasi kesulitan belajar dan mendapatkan cara cepat dalam peningkatan hasil belajar.

B. Rumusan masalah

1. Berapa bagian otak manusia itu dibagi?

2. Adakah cara cepat meningkatkan hasil belajar?

C. Tujuan penulisan

1. Mengetahui bagian dasar otak manusia.

2. Mengetahui cara cepat meningkatkan hasil belajar.

BAB II

PEMBAHASAN

A. Bagian Dasar Otak Manusia

Otak manusia adalah masa proto plasma yang paling kompleks yang pernah dikenal di alam semesta ini. Ini lah satu-satunya organ yang sangat berkembang sehingga ia dapat mempelajari dirinya sendiri. Jika dirawat oleh tubuh yang sehat dan lingkungan yang menimbulkan rangsangan, otak yang berfungsi dapat tetap aktif dan reaktif selama lebih dari 100 tahun.

Otak manusia mempunyai tiga bagian dasar yang oleh seorang peneliti Dr. Paul Maclean menyebutnya “otak triune” karena terdiri dari tiga bagian yaitu batang atau “otak reptil”, sistem limblik atau “otak mamalia” dan neokorteks.

Masing-masing bagian otak manusia bertanggung jawab atas fungsi yang berbeda-beda.

Yang pertama dalam perkembangan evolusi adalah batang atau otak reptil ini adalah komponen kecerdasan terendah dari spesies manusia. Bagian otak ini bertanggung jawab atas fungsi-fungsi motor sensor yaitu pengetahuan tentang realitas fisik yang berasal dari panca indra. Prilaku yang ada dalam otak reptil berkaitan dengan instink mempertahankan hidup, dorongan untuk mengembangkan spesies, jika otak reptil ini dominan, manusia tidak dapat berfikir pada tingkatan yang sangat tinggi.

Di sekeliling otak reptil ini terdapat sistem limblik yang sangat kompleks dan luas atau otak mamalia. Sistem limblik ini terletak pada bagian tengah dari otak manusia. Fungsinya bersifat emosional dan kognitif yaitu otak ini menyimpan perasaan, pengalaman yang menyenangkan memori dan kemampuan belajar manusia. Sistem limblik merupakan panel kontrol utama manusia yang menggunakan informasi dari indra penglihatan, pendengaran, sensori tubuh, indra peraba dan penciuman sebagai input kemudian informasi tersebut didistribusikan kebagian pemikir didalam otak manusia yaitu neokorteks.

Neokorteks terbungkus di sekitar bagian atas dan sisi sistem limblik. Yang membentuk 80% dari seluruh materi otak. Bagian otak ini merupakan tempat bersemayamnya kecerdasan manusia otak inilah yang mengatur pesan-pesan yang yang diterima melalui penglihatan. Pendengaran manusia yang berasal dari pengaturan ini adalah penalaran, berpikir secara

intelektual, pembuat keputusan, perilaku waras, bahasa, kendali motorik sadar dan ideasi non ferbal. Dalam neokortekslah semua kecerdasan yang lebih tinggi berada. Yang membuat manusia itu unik sabagai spesies. Seorang psikolog bernama Dr. Howard Gardner telah mengidentifikasikan berbagai kecerdasan yang dapat dikembangkan pada manusia diantaranya adalah kecerdasan linguistik, matematik, spanal kinestik, musik, antar pribadi.

Semua kecerdasan ini ada dalam otak sejak lahir dan selama lebih dari tujuh tahun pertama kehidupan, kecerdasan ini dapat disingkapkan jika dirawat dengan baik agar kecerdasan-kecerdasan ini terawat secara baik, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi

  1. struktur saraf bagian bawah harus cukup berkembang agar energi dapat mengalir ke tempat yang lebih tinggi.
  2. anak harus merasa aman secara fisik dan emosional.
  3. harus ada model untuk memberikan rangsangan yang wajar.

Tiga bagian otak anda juga dibagi menjadi belahan kanan dan belahan kiri. Kini dua belahan ini lebih dikenal sebagai “otak kanan” dan “otak kiri”. Eksperimen terhadap dua belahan tersebut telah menunjukkan bahwa masing-masing belahan bertanggung jawab terhadapn cara berfikir, dan masing-masing mempunyai sepesialisasi dalam kemampuan-kemampuan tertentu, walaupun ada babarapa persilangan dan interaksi antara kedua sisi.

Otak Kita

Kiri Kanan

Logis Intutitif

Sekuensial Lateral

Linier Holistik

Rasional

Proses berfikir otak kiri bersifat logis, sekuensial, linier dan rasional. Sisi ini sangat teratur walaupun berdasarkan realitas ia melakukan penafsiran abstrak dan simbolis. Cara berfikirnya sesuai untuk tugas-tugas teratur ekspresi verbal, menulis, membaca, asosiasi auditorial, menempatkan detail dan fakta, fonetik, serta simbolisme.

Cara berfikir otak kanan bersifat acak, tidak teratur, intuitif, dan holistik. Cara pikiranya sesuai dengan cara-cara untuk mengetahui yang bersifat non verbal, seperti perasaan dan emosi, kesadaran yang berkenaan dengan perasaan (merasakan kehadiran suatu benda atau orang), kesadaran spasial, pengenalan bentuk dan pola, musik, seni, kepekaan warna, kreatifitas dan visualisasi.

Kedua belahan otak penting artinya. Orang yang memanfaatkan kedua belahan otak ini juga cenderung seimbang dalam setiap ospek kehidupan mereka. Belajar terasa sangat mudah bagi mereka karena mereka mempunyai pilihan untuk mengunakan bagian otak yang diperlukan dalam setiap pekerjaan yang sedang dihadapi. Karana sebagian besar komunikasi diungkapkan dalam bentuk verbal atau tertulis, yang keduanya merupakan sepesialisasi otak kiri, bidang-bidang pendidikan, bisnis dan sains cenderung berat ke otak kiri. Sesungguhnya jika manusia katagori berat ke otak kiri dan tidak melakukan upaya tertentu memasukkan beberapa aktivitas otak kanan dalam hidup manusia, ketidak seimbangan yang dihasilkanya dapat mengakibatkan manusia setres dan juga kesehatan mental dan fisik yang buruk.

Dari beberapa penjelasan, pemakalah dapat menyimpulkan terlepas dalam perbedaan nyata dalam kecerdasan dan tingkat kesuksesan diantara orang-orang, seluru manusia mempunyai susunan saraf yang sama. Fisiologi otak manusia sangat mirip dengan milik orang lain bahkan juga dengan pemikir-pemikir cemerlang seperti Einstein dan Da Vinci. Ini berarti seluruh manusia mempunyai peluang yang luar biasa besarnya yang bisa juga menyamai Einstein dan Da Vinci, jika manusia mengenal seseorang yang menampilkan perilaku yang dikagumi manusia dapat menggunakan orang itu sebagai model dan manusia akan dapat menyuruh keberhasilan oarang itu dengan mengatur pola berfikir dan tumbuh seperti manusia yang di contoh.

Selain keterangan di atas otak juga memiliki berbagai gelombang yang masing-masing berkorespondensi dengan kondisi tertentu dari pikiran. Lebih lanjut mengenai gelombang otak diberikan sebagai berikut:

Empat kategori pola gelombang otak

Beta (14 – 28 Hz)

Konsentrasi, tersadarkan, waspada, kognisi, level yang lebih tinggi berkenaan dengan kecemasan, sakit, perasaan terpisah, respon lari atau lawan

Alpha (8 – 13.9 Hz)

Tidur dengan bermimpi (Tidur REM, 80% probabilita), Relaksasi, pembelajaran super (superlearning), fokus secara relaks, trans ringan, peningkatan produksi serotonin, pusing sesaat sebelum tidur atau terbangun, meditasi, permulaan memasuki kondisi unconscious

Theta (4 – 7.9 Hz)

Tidur dengan bermimpi (Tidur REM, 20% probabilita), peningkatan produksi katekolamin (penting untuk pembelajaran dan pengingatan), peningkatan kreatifitas, integratif, pengalaman emosional, potensi perubahan prilaku, peningkatan retensi materi yang telah dipelajari, imajinasi hypnogogic, trans, meditasi mendalam, akses ke kondisi unconscious

Delta (0.1 – 3.9 Hz)

Tidur tanpa mimpi, pelapasan hormon pertumbuhan, kondisi serupa trans sangat dalam, kondisi non-fisik, hilangnya sensasi fisik, akses pada kondisi unconscious, ”dorongan” yang kuat pada otak ketika diinduksi dengan Holosync®

B. Cara Cepat Meningkatkan Hasil Belajar

Peneliti prilaku yang berlangsung lebih dari seabat menunjukkan bahwa setiap pengalaman dan pengetahuan yang pernah dimiliki manusia masih bersama diri manusia itu meskipun ia tidak lagi mengingatnya. Manusia bisa menemukan banyak atau sebagian besar informasi dalam bentuk yang sangat bermanfaat dan bukan sekedar sebagai simpanan data mentah saja. Adapun kiat jitu untuk memperoleh kecakapan kecil dalam belajar

Di antaranya adalah:

1. Mengubah “fakta kering “ menjadi pengalaman tak terlupa dengan menggunakan imajinasi dan melibatkan seluruh indra manusia.

Sebagai contoh, ubalah “fakta-fakta kering” tentang kejadian-kejadian bersejarah seperti Perang Diponegoro, misalnya, menjadi: Anda adalah salah seorang pengikut Pangeran yang duduk di atas kuda di belakang beliau seraya menghunus keris, kehujanan, kecapaian dan dihujani tembakan Kompeni. Bayangkan, misalnya, Anda adalah salah seorang pengikut Pangeran dalam perang tersebut, yang sedang mencari pohon atau batu yang bisa dijadikan tempat berlindung saat pasukan Pangeran mulai ditembaki, sementara teman yang berada tak jauh dari Anda belum sempat berlindung lalu terkena tembakan. Sekarang, pasukan musuh datang tepat ke arah Anda. Rasakan kekhawatiran dan kelegaan bercampur menjadi satu, saat pasukan musuh bergerak ke arah Anda, tempat berlindung yang cukup sulit akhirnya dicapai. Rasakan benar-benar campuran perasaan itu beberapa pekan kemudian, setelah apa yang dialami oleh Anda dan semua orang adalah perang yang berlangsung cukup panjang dan pasukan Kompeni menderita banyak kerugian.

2. Mengemukakan cara untuk mendalami hal-hal atau masalah penting kepada seseorang.

Bicarakanlah berbagai masalah dengan teman Anda, edntah itu soal matematika, sains, masalah di sekolah, rumah atau masalah pribadi. Sebagian besar dari hal-hal kecil sering kali kita lupakan, hal-hal yang menghalangi kita memecahkan masalah, tidak kita sadari sampai kita sungguh-sungguh mendikskripsikannya (memaparkanya) denan suara lantang, kepada seorang pendengar! Anda akan betul-betul takjub dengan apa yang anda dapatkan, bahwa Anda sama sekali tak menyadari sampai anda kehilangan darinya! (juga, dalam waktu yang singkat sekali Anda sampai pada kinerja/prestasi level jenius: simpan hal-hal ini dalam buku harian atau catatan pribadi Anda, dan simpan hal-hal itu dalam alat perekam)

3. Melakukan permainan dengan masalah, dengan membuat eksperimen kemudian meneliti dan membuat catatan.

Jika suatu masalah tampak sulit, bereksperimenlah agar masalah itu di ubah kedalam bentuk lain lalu coba pecahkan, kemudian kembali ke masalah utama. Juga, bereksperimenlah dengan membayangkan apa saja yang terkait dengan masalah itu. Albert Einstein, yang di pandang sebagai seorang jenius terbesar abad ke-20, melakukan”eksperimen pikiran” yang sederhana dalam perjalanannya menemukan teori realivitas, bukan hanya sebagai cara memahami teori tersebut, tapi juga dalam mengajarkan teori tersebut kepada orang lain. Setelah melakukan eksperimen pikiran seperti itu, dan setelah mengungkapkan berbagai masalah kepada seorang teman atau rekan, tinjau dan ujilah kembali apa yang telah anda kerjakan. Kajilah dari persepektif itu, apakah anda dapat menemukan jawaban atas apa yang telah terjadi terutama hal-hal yang kemudian menjadi jelas, besar atau kecil yang menjadikan pemecahan masalah anda berikutnya lebih muda dan lebih tepat.

4. Mengubah setiap hal yang tidak dipahami menjadi suatu masalah dan memecahkannya dengan ke-3 cara di atas.

5. Menjelaskan secara efektif pokok-pokok masalah / hal-hal terpenting kepada seseorang yang lebih muda, pastikan pemahaman di antara keduanya.

Dengan mengerti kelima kiat-kiat di atas seorang siswa punya cukup bekal untuk mengatur dan menggerakkan sebuah galaksi kejeniusan.

Salah satu jalan yang paling sering di gunakan untuk sampai pada level jenius adalah menemukan kecakapan yang bermanfaat bagi siswa. Operasikan kecakapan siswa itu. Temukan cara untuk tetap dalam kecakapan tersebut. Temukan cara untuk kembali kepada kecakapan tersebut hingga semua hal lainnya terserap kedalam kecakapan itu sehingga siswa mulai menyadari bahwa siswa memang benar seorang jenius.


BAB III

PENUTUP

1. Otak mempunyai 3 bagian dasar yaitu otak reptil, mamalia, dan neokorteks yang ketiganya disebut “otak Triune”. Masing-masing berkembang pada waktu yang berbeda dalam sejarah evolusi, masing –masing bagian juga mempunyai struktur syaraf tertentu dan mengatur tugas-tugas yang harus dilakukan, ke 3 bagian otak manusia juga dibagi menjadi belahan kanan dan belahan kiri yang masing-masing belahan bertanggung jawab terhadap cara berfikir dan mempunyai sepesialisasi dalam kemampuan-kemampuan tertentu, walaupun ada beberapa persilangan antaer kedua sisi. Selain kedua belahan itu, otak juga mempunyai 4 gelombang, yaitu Beta, Alfa, Teta, dan Delta.

2. Adapun kiat untuk memperoleh kecakapan kecil dalam belajar dengan hasil perolehan yang luar biasa antara lain dengan “5 kiat jitu terbaik” di atas, yang paling efektif dalam meningkatkan hasil belajar dengan mencontoh cara orang-orang yang jenius

DAFTAR PUSTAKA

Hernacki, Mike dan Deporter, Bobbi. 2001. Quantum Learning. Bandung: Kaifa

Rasyad, Aminuddin. 2003. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Uhamka Press dan Yayasan PEP-EX8

Rose, Collin dan Nicholl, Malcolm. 2007. Accelerated Learning. Bandung: Nuansa

Sadli, Saparinah. 1991. Intelegensi Bakat dan test IQ. Jakarta: Gaya Faforite Pres

Wences, Win. 2003. Teaching and Learning. Bandung: Nuansa



1 komentar:

  1. Harrah's Cherokee Casino & Hotel - Mapyro
    Find Harrah's Cherokee Casino & Hotel 의왕 출장마사지 (MapYRO) location in 포항 출장마사지 Cherokee, NC. Get directions, reviews 파주 출장샵 and 평택 출장안마 information for Harrah's Cherokee Casino & Hotel in Cherokee, 원주 출장안마

    BalasHapus